interview with taufik

Discussion in 'Japan Open / China Open 2006' started by TKG2609, Oct 20, 2006.

1. TKG2609

TKG2609 Regular Member

[FONT=Arial,Helvetica][SIZE=+2]Lin Dan Tidak Usah Dikomentari[/SIZE] [/FONT][FONT=Arial,Helvetica][SIZE=-1]Tersingkir di babak ketiga Kejuaraan Dunia XV di Madrid, Taufik Hidayat tak hanya kehilangan gelar. Reputasi pemain berusia 25 tahun ini memudar. Tapi, di Jepang Terbuka, dia menggebrak dengan melaju ke final meski akhirnya tunduk di tangan Lin Dan (Cina). [/SIZE][/FONT]

[FONT=verdana,geneva,helvetica]Taufik Hidayat, menghibur penontn.[/FONT]
    [FONT=Arial,Helvetica][SIZE=-1]Dua pemain top dunia, Bao Chunlai (nomor 3) dan Lee Chong Wei (2), menjadi korban. Banyak yang menyebut Taufik sudah kembali meski belum sepenuhnya. Taufik memberikan pendapat kepada kontributor BOLA di Tokyo, Irwandi, mengenai arti prestasi di Jepang Terbuka dan misi di Asian Games XV Doha, Qatar, Desember mendatang. [/SIZE][/FONT]
    [FONT=Arial,Helvetica][SIZE=-1]BOLA: Taufik, apa arti prestasi di Jepang ini? [/SIZE][/FONT]
    [FONT=Arial,Helvetica][SIZE=-1]Taufik: Maaf, saya gagal menang, tapi saya mensyukuri bisa ke final. Mungkin karena ini turnamen pertama setelah di Madrid. Saya tetap merasa lebih puas. [/SIZE][/FONT]
    [FONT=Arial,Helvetica][SIZE=-1]Maksudnya, untuk menepis tanggapan berbagai kalangan yang menganggap Anda sedang menurun? [/SIZE][/FONT]
    [FONT=Arial,Helvetica][SIZE=-1]Saya akui saya gagal di Madrid, tapi sebagai pemain kan ada kalanya di atas dan ada kalanya di bawah. Saya puas karena mampu bermain baik dengan mengalahkan beberapa pemain terbaik dunia di Tokyo. [/SIZE][/FONT]
    [FONT=Arial,Helvetica][SIZE=-1]Komentar tentang Lin Dan sendiri? [/SIZE][/FONT]
    [FONT=Arial,Helvetica][SIZE=-1]Dia juara dunia dan pemain nomor satu dunia. Jadi enggak usah dikomentari lagi karena semua orang tahu dia pemain terbaik di dunia saat ini. [/SIZE][/FONT]
    [FONT=Arial,Helvetica][SIZE=-1]Banyak orang yang menunggu-nunggu pertandingan final ideal ini? [/SIZE][/FONT]
    [FONT=Arial,Helvetica][SIZE=-1]Saya juga mengharapkan pertandingan tadi sebagai partai final ideal dan menghiburkan penonton. Saya kalah di Hong Kong karena tak meneruskan pertandingan. Jadi, tentu banyak yang menunggu-nunggu. Tapi, bagi saya setiap pertandingan sama saja sebenarnya. Saya kalah, tapi sempat merebut satu gim. [/SIZE][/FONT]
    [FONT=Arial,Helvetica][SIZE=-1]Sayang Gagal [/SIZE][/FONT]
    [FONT=Arial,Helvetica][SIZE=-1]Anda mengalahkan dua pemain terbaik di dunia dalam perjalanan ke final. Yang mana yang paling mengesankan? [/SIZE][/FONT]
    [FONT=Arial,Helvetica][SIZE=-1]Semuanya mengesankan. Mengalahkan Bao Chunlai cukup penting karena itu di babak pertama. Kalau kalah ya angkat koper. Menentang Lee Chong Wei di semifinal, saya menang lebih mudah dari yang saya perkirakan. Tapi tadi sempat alot juga melawan Lin Dan. Saya berusaha menang karena ini akan menjadi gelar pertama di Tokyo. Sayang memang. [/SIZE][/FONT]
    [FONT=Arial,Helvetica][SIZE=-1]Apa target selanjutnya? [/SIZE][/FONT]
    [FONT=Arial,Helvetica][SIZE=-1]Saya akan mencoba yang terbaik di Asian Games Doha nanti. Bahkan tahun ini AG Doha lebih berarti buat saya ketimbang Kejuaraan Dunia. AG hanya setiap empat tahun sekali dan saya ingin sekali merebut medali emas perseorangan AG setelah emas Olimpiade Ahena. [/SIZE][/FONT]
    [FONT=Arial,Helvetica][SIZE=-1]Soal lawan-lawan di Doha? [/SIZE][/FONT]
    [FONT=Arial,Helvetica][SIZE=-1]AG sebenarnya tak berbeda dengan turnamen lain, minus Peter Gade dan Kenneth Jonassen. Lawan tetap sama, Cina, Malaysia, dan Korsel. Mungkin bertemu yang itu-itu juga. [/SIZE][/FONT]
    [FONT=Arial,Helvetica][SIZE=-1]Untuk tahun depan? [/SIZE][/FONT]
    [FONT=Arial,Helvetica][SIZE=-1]Sudah barang tentu saya harus lebih fokus lagi karena tahun depan mulai diperkenalkan Super Series. Jadi beberapa turnamen tersisa akan saya pergunakan betul-betul memperbaiki ranking. [/SIZE][/FONT]
    [FONT=Arial,Helvetica][SIZE=-1]Anda “tersiksa” dengan ranking saat ini (34 dunia) dan tidak diunggulkan di setiap turnamen yang diikuti? [/SIZE][/FONT]
    [FONT=Arial,Helvetica][SIZE=-1]Tidak juga karena prinsip saya "menang, menang sekalian", "kalah, kalah sekalian". Kalau mau juara ya mengalahkan semua lawan. Namun, untuk Super Series tahun depan saya harus mulai mempersiapkan diri dari sekarang karena gengsinya kan lain. [/SIZE][/FONT]

2. TKG2609

TKG2609 Regular Member

maybe some one can translate in english ....

3. dony_X

dony_X Regular Member

can't understand

please translate in english....

4. ctjcad

ctjcad Regular Member

5. sunzhi

sunzhi Regular Member

Let me try…

Basically it says that TH who lost in the 3rd round of the World Championship in Madrid, has not only lost the WC title. The reputation of the 25 years old is dwindling. But in the Japan Open, he hit back and made it to the final though in the end succumbed and lost to LD.

Two top players, BCL (no. 3) and LCW (no. 2), became the victims. Many commented that TH has recovered though not fully. This is the interview with BOLA in Tokyo of his performance in JO and his mission in the coming Asian Games XV Doha.

BOLA: TH, what is the significance of your achievement in Japan?

TH: Sorry, I failed to win but I am still thankful I could make it to the final. Perhaps this is my first tournament after Madrid. But I am still satisfied.

BOLA: But to counter the perception of many that you are declining?

TH: I admit I failed in Madrid, but as a player, you will experience the ups and downs situation. I am satisfied as I was able to play well and defeated some of the best players in the world in Tokyo.

BOLA: Your comment on LD?

TH: He is the world champ and the no. 1 player in the world. So there’s no need for any comment because everyone knows he is the best in the world right now.

BOLA: Lots of people were looking forward to an ideal final match?

TH: I too was hoping the match would be an ideal final and to entertain the crowd. I lost in Hong Kong because I didn’t continue the match. Surely many people were expecting more. But to me, all competitions are the same. I lost, but I managed to snatch a game.

BOLA: You defeated two of the best players in the world en route to the final. Which is more impressionable?

TH: Both are. Defeating BCL was pretty important as it was in the 1st round. Had I lost I would have to pack off. Against LCW in the semifinal, I triumphed easier than expected. It was a tight match against LD. I tried to win as that will be my first title in Tokyo. (??)

BOLA: What’s your next target?

TH: I shall try my best in the coming Asian Games Doha. Moreover this year AG is more meaningful to me than the WC. AG is held once every four years and I am eager to win the AG individual title again after the gold in Olympic Athens.

BOLA: And the rivals in Doha?

TH: AG is no different from other tournaments, but without Peter Gade and Kenneth Jonassen. The competitors are the same, China, Malaysia and South Korea. Probably against the same old faces.

BOLA: For next year?

TH: Definitely I have to be more focus with the new Super Series next year. As such I’ll use the remaining few tournaments well to better my ranking.

BOLA: Are you “tormented” with your current ranking (no. 34) and are not seeded in every tournament you enter?

TH: Not at all as my principle is to “win, win it all”, “lose, lose it all”. To be a winner, I have to defeat all my opponents. Then again, as the upcoming Super Series is more prestigious, I’ll have to start getting myself prepared from now on.

6. sunzhi

sunzhi Regular Member

7. ctjcad

ctjcad Regular Member

Off topic...No problem...

..hehe, it's fine-we can take double translations..:cool:..but for next time, if there's any translation task(s) to take, i(or anyone else) can add your name and call upon you to help us with the translation(s)...sounds kool??..;) :) :D :cool:

#7 ctjcad, Oct 20, 2006
    Last edited: Oct 20, 2006
  8. phaarix

phaarix Regular Member

An interesting interview. He's more modest than people think by the sounds of it :).